LAPORAN FISIKA
GERAK MELINGKAR BERATURAN
Nama : Alifah Itmi
M
No.
Urut : 02
Kelas : X.4
SMA
Negeri 1 Kebumen
Judul : Gerak Melingkar Beraturan
Kelas/Semester : X/I
Waktu : 2 x 45 menit
Metode : Eksperimen
I.
Petunjuk Belajar :
1.
Baca secara cermat petunjuk langkah-langkah sebelum anda melakukan
kegiatan
2. Baca buku-buku Fisika kelas X
SMA dan buku lain yang relevan berkaitan dengan materi Gerak melingkar
beraturan untuk memperkuat konsep dan pemahaman anda
3. Tanyakan pada pembimbing jika
ada hal-hal yang kurang jelas
II.
Kompetensi yang Akan Dicapai
Memprediksi besaran-besaran fisika pada
gerak melingkar beraturan dan gerak melingkar berubah beraturan
III.
Indikator
Menyimpulkan karakteristik gerak melingkar
beraturan melalui percobaan dan pengukuran besaran-besaran terkait.
IV.
Informasi Pendukung
Sebuah partikel bergerak menuruti lintasan
yang berbentuk lingkaran, bila tiap selang waktu yang sama menempuh busur
(jarak) yang sama panjangnya atau mempunyai laju tetap. Gerak melingkar dengan laju
tetap disebut gerak melingkar beraturan.
V.
Dasar Teori
Gerak Melingkar
adalah gerak suatu benda
yang membentuk lintasan berupa lingkaran mengelilingi suatu titik tetap. Agar suatu benda dapat bergerak
melingkar ia membutuhkan adanya gaya
yang selalu membelokkan-nya
menuju pusat lintasan lingkaran. Gaya ini dinamakan gaya sentripetal. Suatu gerak melingkar beraturan dapat dikatakan sebagai suatu gerak
dipercepat beraturan, mengingat perlu adanya suatu percepatan yang besarnya tetap dengan arah yang berubah, yang selalu mengubah
arah gerak benda agar menempuh lintasan berbentuk lingkaran
VI.
Alat dan Bahan
Ø Satu set alat sentripetal
dengan beban + 20 gram
Ø Stopwatch
Ø Beban pemberat mA=50
gram, 100 gram, dan 200 gram
Ø Mistar
Ø Neraca pegas
VII.
Langkah-langkah Percobaan
Urutan kerja
a. Timbanglah berat beban dengan
neraca pegas
WA =… N
WB =… N
Jadi mA =… kg dan mB
=…kg
b. Putarlah benda B sehingga
bergerak melingkar beraturan. Usahakan tali PB horizontal.
Panjang PB +0,50 m
c. Ukurlah waktu 20 putaran,
tentukan periode putaran T
d. Ukurlah jari-jari lingkaran R
e. Lakukan percobaan ini 3 kali
dengan mA dan R yang berbeda dan isilah hasilnya pada tabel di bawah
ini.
No
|
mA (gram)
|
WA (N)
|
R (m)
|
t10 putaran (s)
|
T (periode) (s)
|
V=2πR (m/s-1)
T
|
As=v2/R (ms-1)
|
Fs=nB.as (N)
|
I
|
|
|
|
|
|
|
|
|
II
|
|
|
|
|
|
|
|
|
III
|
|
|
|
|
|
|
|
|
f.
Perhatikan hasil pada kolom 3 dan 9 dan bandingkan nilainya,
kecenderungan apa menurut pendapatmu?
Informasi : gaya Fs dalam kolom 9
disebut gaya sentripetal yang arahnya ke pusat.
Jawab : Kolom 3 dipengaruhi gaya gravitasi bumi, sedang kolom 9 dipengaruhi
gaya sentripetal.
g. Sebutkan faktor-faktor
kesalahan apa yang mempengaruhi hasil pengukuran tersebut ?
Jawab : a. Jari-jari yang tidak tepat saat mengukur
b. Kecepatan yang
sering berubah
c. Pengukuran
massa suatu benda yang kurang tepat
h.
Seandainya faktor-faktor tersebut dapat diusahakan sekecil mungkin,
maka kesimpulan apakah yang dapat diperoleh mengenai hasil kolom 3dan 9?
Jawab : Maka akan didapat gaya setripetal yang besarnya menuju arah
pusat lngkaran sehingga hasil pengukuran tersebut lebih akurat
i.
Tuliskan ungkapan gaya sentripetal F, dalam m, R, dan T!
Jawab : Fs = mv² : R
Fs =
m (2π : T) R
j.
Diskusi :
1. Pada benda yang mana gaya
sentripetal Fs bekerja!
Jawab : pada benda yang diputar
(Benda A )
Kemanakah arahnya?
Jawab : ke pusat putaran (
lingkaran )
2. Sebutkan dua buah contoh benda
yang bergerak melingkar beraturan !
Jawab : - gerak baling-baling pada pesawat
-gerak kincir
angin
3. Jika bulan dalam gerakannya
mengelilingi bumi dianggap merupakan gerak melingkar beraturan, gaya apa yang
bekerja pada bulan?
Jawab : gaya sentripetal
Ke mana arah gaya tersebut?
Jawab : menuju pusat lingkaran
Lukiskan gaya yang bekerja pada
bulan di bawah ini!
VIII.
Pembahasan
Gaya yang bekerja pada gerak melingkar beraturan adalah gaya
sentripetal. Gaya sentripetal yaitu gaya yang arahnya menuju pusat putaran
(lingkaran) .
IX.
Tempat : Ruang Lab
X.
Penilaian :
a.
Kognitif
1. Sebuah benda bergerak melingkar
beraturan dengan jari-jari lintasan 50 cm dan melakukan 6 putaran selama tiga
menit. Hitunglah :
a. Periode putaran
b. Frekuensi putaran
c. Kecepatan sudut, dan
d. Kecepatan linier
2. Sebuah benda massanya 0,3 kg
diikatkan pada ujung tali yang panjangnya 0,4 meter dan diputar mendatar dengan
tiga putaran tipa detik. Hitunglah :
a. Laju linier benda
b. Percepatan sentripetal.
3. Sebuah baling-baling helicopter
berputar dengan 900 putaran/menit.
a. Berapakah kecepatan sudutnya?
b. Berapakah kelajuan linier
sebuah titik di ujung baling-baling jika radius baling-baling 3 meter?
4. Sebuah roda berputar 90 kali
tiap menit. Tentukan kecepatan linier suatu titik pada roda yang berjarak 15 cm
dari pusat roda!
5. Pada sebuah mobil balap,
jari-jari ban mobil sama dengan 30 cm. mobil ini bergerak dipercepat dari keadaan
diam sampai kecepatan 15 m/s dalam waktu 8 sekon. Dalam waktu 8 sekon tersebut,
telah berapa kali ban mobil berputar?
6. Boneka kecil diikat dengan tali
yang panjangnya 20 cm. boneka tersebut diputar di atas meja dengan laju tetap.
Apabila untuk melakukan 10 putaran diperlukan waktu 3 sekon, tentukanlah
frekuensi putarannya, laju linier, dan laju angulernya.
7. Seorang mengendarai sepeda
dengan laju 18 km/jam. Bila garis tengah roda sepeda 0,8 meter, berapakah
periode putar roda itu?
8. Seutas tali melilit pada sebuah
roda yang jari-jarinya 25 cm. jika kelajuan sebuah titik pada tali sama dengan
5 m/s, berapakah kecepatan sudut roda itu berputar?
9. Sebuah partikel bergerak
melingkar dengan radius 40 cm. jika partikel tersebut melakukan 5 kali putaran
dalam tiap sekonnya, berapakah kelajuan linier partikel?
10. Sebuah benda bermassa 4 kg
diikatkan pada tali dan diputar dengan jari-jari 6m pada kelajuan konstan 12
m/s oleh seorang Hercules. Berapa kecepatan sudutnya?
XI.
DAFTAR PUSTAKA
sansan29.files.wordpress.com/2008/12/lks-gmb.doc
Kebumen, Oktober 2011
Praktikan
Alifah Itmi Mushofa
0 komentar:
Posting Komentar